Cari Informasinya Nikmati Hasilnya

Beberapa Tips memilih jenis kayu yang berkualitas sebagai bahan baku meubel

Dalam memilih atau membuat sebuah meubel .. yang paling utama adalah mengenal jenis bahan bakunya terlebih dahulu . dalam hal ini yang saya maksudkan adalah jenis  kayu yang berkualitas seperti memperhatikan kekerasan dan model serat seratnya .
Tidak sedikit jenis kayu yang bisa digunakan untuk keperluan pembuatan meubel memiliki tingkat kekerasan serta kualitas seratnya yang bagus , contohnya, kayu bayam . jenis kayu ini tergolong kayu dengan kualitas impor . jenis kayu bayam selain bisa digunakan untuk keperluan meubel bebrapa orang malah memilih kayu ini untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan rumah . mungkin karna  harga yang tergolong tinggi maka kayu ini jarang digunakan untuk meubel.
Tingkat kekerasan dari sebuah jenis kayu tidak menjamin apakah kayu itu sudah tergolong kayu yang bagus untuk dijadikan meubel karna beberapa kasus yang saya pernah lihat sendiri bahwa ada jenis kayu yang keras menjadi tidak bagus, selain mengalami pembengkokkan karna panas ada juga yang retak2 . contohnya kayu akasia, kayu ini memang mudah ditemukan, kayu ini juga tergolong murah. kalau di daerah saya kayu ini sekubiknya di bandrol cuman dengan harga 1,6 juta saja.
catatan : kerasnya kayu akan membuat kokoh meubel dan seratnya akan membuat tampilan nya lebih alami
Jadi intinya jangan pilih karna keras tapi tak berserat atau berserat tapi tidak kuat tahan lama

jenis kayu yang berkualitas untuk pembuatan meubel meubel 
diantaranya adalah  -

kayu jati bahan baku meubel
Kayu jati ( teak wood ) dari gambar sudah kelihatan menariknya tampilan serat yang terkandung dari kayu ini . dengan memilih kayu ini saya jamin tampilan meubel anda akan semakin alamiah dan kuat . Tidak diragukan lagi kalau kayu ini adalah salah satu pilihan yang pas .






kayu jati putih sebagai bahan baku meubel
Jati putih . kayu jati putih juga termasuk salah satu kayu yang bisa digunakan sebagai bahan baku meubel . jenis kayu ini selain memiliki tampilan serat2 yang menjanjikan sayangnya tingkat kekerasannya tidak seperti jati , kalo di daerah saya teakwood ini disebut jati merah.





memilih jenis kayu yang berkualitas sebagai bahan baku meubel
Kayu cendana . di daerah saya kayu ini disebut dengan nama kayu cendrana. jenis kayu ini tergolong jenis kayu dengan serat2 menjanjikan dan ketahan kayu ini sangat maksimal. sayangnya kayu ini jika mau digunakan sebagai bahan baku meubel pastikan tidak memakai sisi luarnya yang berwarna putih melainkan hanya mengambil yg isinya yang berwarna merah saja karna sisi yang bagian putih itu cepat dibabat oleh rayap.
Sebenarnya ada banyak jenis kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan baku meubel tapi berhubung keahlian serta pengalaman saya mengenai jenis kayu yang bagus untuk meubel tergolong masih sedikit jadi hanya 3 jenis kayu saja yang bisa saya share ke netters . kapan2 saya akan update lagi mengenai hal2 yang menyangkut seputar kayu dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya .

Keep visit !
Tag : Meubel
0 Komentar untuk "Beberapa Tips memilih jenis kayu yang berkualitas sebagai bahan baku meubel"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .


Back To Top