Cara membuat kinerja laptop lebih fresh dan ringan

Mari belajar bersama mengubah kinerja laptop anda lebih ringan,cepat,fresh secara singkat dengan mengikuti sedikit penuturan saya melalui artikel ini .Cara membuat kinerja laptop lebih cepat secara singkat - Kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat kinerja laptop lebih cepat secara singkat dengan menggunakan beberapa trik atapun tips yang sebentar lagi akan kita bahas disini.
tapi sebelum jauh membahas bagaimana tips itu mari kita mengenal dulu sebagian komponen yang terkandung dalam laptop yang penting dan mengena dengan tips kali ini .
Laptop terdiri dari beberapa komponen penting terdiri dari struktur2 benda yang secara kasat mata akan membingungkan jika dilihat dengan pandangan awam .

dilihat secara normal jaringan yang terlihat secara awam itu akan memusingkan hingga bagi kamu yang tidak mengerti juga tidak akan tahu benda dalam laptop itu apa dan fungsinya apa
Komponen didalam laptop terdiri dari beberapa komponen penting diantaranya seperti Motherboard ( induk papan ) istilah kerennya mainboard yang berfungsi untuk meletakkan peripheral utama seperti processor, chipset,  sound card, VGA card, prt-port untuk  komponen eksternal tambahan.

Berikut Nama Komponen laptop yang penting dan fungsinya:


Processor
Adalah  pusat pengolah data pada laptop, Jantung laptop !. Semua kegiatan akan diproses oleh perangkat ini. Spesifikasinya sangat menentukan cepat tidaknya data diproses. jenis dan typenya relative pada laptop itu sendiri.

RAM
RAM Singkatan dari Random access memory salah satu komponen utama yang berfungsi untuk menyimpan sementara program atau data yang sedang berjalan. Kapasitas dari perangkat ini juga sangat mempengaruhi kecepatan akses data. Semakin besar Ram semakin baik pula

Hardrive
Nama lain dari hardisk gunanya untuk menyimpan data untuk disimpan secara permanen, selain itu hardrive juga menjadi tempat sebuah operasi system ditanamkan bahasa lain install

DVD player
Adalah Alat yang diletakkan pada slot motherboard yang fungsinya untuk membaca sebuah file seperti file ISO , file gambar,video dan jenis extensi lain yang tersimpan dalam sebuah kepingan disk.

Wireless card
Fungsinya sebagai penangkap sinyal tanpa menggunakan kabel ( nirkabel ). Misalnya untuk koneksi ke internet.

Nah, setelah mengenal beberapa komponen diatas kita masuk ketahap yang akan dibahas mengenai
cara membuat kinerja laptop lebih cepat secara singkat
dan berikut Hal yang harus diterapkan agar kinerja laptop anda bisa lebih cepat secara singkat

Perhatikan apa yang harus anda lakukan:

  1. Perbesar kapasitas Ram hardisk
  2. Hapus file-file sampah di recycle bin
  3. uninstal program yang tidak penting
  4. minimise program yang sedang berjalan
  5. instal anti virus
  6. custom virtual memori
  7. minimkan penggunaan efek visual
  8. gunakan disc clean up
  9. gunakan disk defragmenter
  10. hapus gadget yang tidak penting

Saya rasa dengan menerapkan 10 cara diatas laptop and kini akan mendapatkan kinerja yang lebih fresh dan tentunya  kinerja laptop lebih cepat .
kita lanjut bagaimana melakukan  satu persatu tips diatas. point 1-2-3-4 -5 saya rasa anda bisa pahami yang akan saya bantu kali ini adalah point 5-6 seterusnya dimana membacanya saja agak sulit tapi menerapkannya bagaimana. tenang saja bro , saya tuntun !

Custom virtual memori 

peran custom  tidak sebesar RAM, tapi  virtual memory ini dapat membantu meningkatkan kinerja Laptopmu. cara mengatur trik ini adalah  masuk ke Control Panel - System and Security - System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.
Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.
Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang di inginkan. Untuk maximum size bisa anda isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK.


Minimalkan penggunaan efek visual

efek visual yang digunakan dengan banyak juga membuat semakin bagus tampilan dekstop kita. Dan yang perlu digaris bawahi, semakin lambat pula kinerja komputer anda bila terdapat banyak visual efek yang berjalan.
Untuk itu anda harus meminimalkan penggunaan efek visual pada dekstop anda dengan cara sebagai berikut :
Masuk ke Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings yang berada di pojok atas kiri jendela System. Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan.

Disc clean up

Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive dilaptop. Lalu kita bisa memilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara. Untuk menggunakan tool ini, silakan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.

Disk defragmenter

Cara lain untuk membuat laptop lebih fresh yakni melakukan disk defragmenter , Caranya dengan klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.
Terakhir adalah menghapus gadget yang tidak begitu penting pada laptop anda. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang bisa membuat kinerja laptop anda menjadi slow tapi sebelum melakukan hal lain baiknya menerapkan dulu beberapa tips diatas karna sebagian besar kasus dengan laptop yang kinerjanya lambat adalah tidak adanya perhatian khusus.
demikian artikel saya hari ini mengenai cara membuat kinerja laptop lebih cepat secara singkat walaupun saya tahu anda capek membacanya :)
salam damai !

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon