Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Kepikunan Dan Cara Mengatasinya

hal-hal yang dapat menyebabkan kepikunan dan cara mengatasinyaanda mash muda tapi sudah pikun?? waduh sayang banget kalau masih muda tapi sudah pikun.pada umumnya kepikunan itu terjadi pada saat 
sudah berusia sekitar 65 tahunan.tapi bagaimana dengan anak muda saat ini yang sudah mengalami kepikunan dini? itu karena disebabkan oleh banyak faktor.salah satunya faktor yang sangat sepele ini kerap terjadi yaitu "mendengkur".mendengkur adalah faktor yang sangat sepele tapi berbahaya.untuk lebih jelas,mari kita bahas


6 hal yang dapat meningkatkan resiko penurunan daya ingat:



1.kurangnya jam tidur.
otak sangat butuh istirahat agar dapat mengoptimalkan kemampuannya menyimpan memori.dalam suatu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang yang tidurnya kurang dari 6 jam dalam sehari,nialinya renda saat tes memori ingat dalam jangka pendek.

2. mendengkur
seperti yang kita bahas tadi,mendengkur adalah salah satu penyebab cepatnya kepikunan.ketika tidur mendengkur dapat menghambat suplai oksigen sel-sel otak selama beberapa detik pada suatu waktu tertentu.faktanya pria lebih dominan yang mengalami dengkur daripada wanita.mendengkur biasa  terjadi karena kelebihan berat badan dan juga karena usia yang sudah lebih dari 40 tahun.

3.mudah lelah
orang yang mudah merasa lelah mungkin memiliki masalah pada kelenjar tiroidnya.hormon tidroid berfungsi mengontrol metabolisme,tapi jika     kadarnya      terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengganggu fungsi normal sel-sel otak dalam menyimpan memori.tirod yang terlalu aktif dapat     menyebabkan otak melewatkan memori yang seharusnya disimpan,sementara tiroid yang lamban dapat menyebabkan otak membutuhkan waktu yang  lebih lama dalam merespon pesan yang masuk ke otak.

4.tingginya kadar gula darah
darah berguna untuk menyuplai nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak,sehingga mampu menjalankan fungsingya dengan baik.tetapi jika kadae gula justru     terlalu tinggi akan mengganggu kinerja otak dan menurunkan otak dalam menyimpan memori.jika anda berasal dari keluarga yang memiliki riwayat     diabtes segeralah lakukan uji kadar gula secara teratur dan perbaiki pola diet anda dengan mengurangi makan makanan dan minuman yang manis-manis  serta rajin berolahraga.

5.depresi
orang yang sering depresi berat akan kehilangan sel-sel otak dan ketika depresi semakin lama berlangsung akan menyebabkan sel-sel otak lebih banyak      hilang di daerah-daerah penting untuk menyimpan memori.segeralah atasi masalah tersebut agar tidak hal-hal tersebut tidak terjadi.

6.penggunaan obat alergi dan obat tidur
kebanyakan obat resep untuk insomnia,inkontinensia,alergi,dan kram perut dapat mengganggu zat kimia dalam otak yang penting dalam menyimpan    memori. jika anda telah berusia paruh baya,hindari konsumsi obat-obatan,yang disebut dengan antikolinergik karena dapat menyebabkan penurunan    kekuatan mental dan membuat anda menjadi pelupa.

gejala kepikunan atau yang biasa disebut gejala Alzheimer ditandai dengan terjadinya:

kebingungan.penderita biasanya dapat tersesat ketika keluar rumah sendirian dan kadang tidak dapat mengingat di mana dia atau bagaimana dia bisa sampai di sana ,penurunan daya ingat misalnya lupa nama,lupa tempat dan kadang lupa tempat menaruh benda.
kesulitan melakukan tugas-tugas yang lazim
kesulitan mengerjakan kebiasaan sehari-hari,seperti makan,mandi,berpakaian,dll
perubahan kepribadian dan perilaku penderita penyakit Alzheimer. seperti menjadi mudah marah,tersinggung,gelisAh,atau jadi pendiam.kadang-kadang  menjadi bingung,paranoid,atau ketakutan.
ketidakmampuan untuk mengikuti petunjuk. adanya masalah dengan bahasa dan komunikasi seperti
  • tidak dapat mengingat kata-kata,nama benda-benda atau memahami arti kata-kata umum.memburuknya kemampuan visual dan spesial,seperti menilai bentuk dan ukuran suatu benda
  • kehilangan motivasi atau insiatif.
  • kehilangan pola tidur normal

Pikun adalah salah satu penyakit yang tidak dapat mengingat kejadian atau hal yang terjadi baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

saat ini banyak anak yang masih berusia muda sudah mengalami yang namanya pikun.kepikunan tidak dapat disembuhan tapi dapat mengurangi resiko alzheimer seperti:
  •  - menurunkan kolestrol dan homocysteine tingkat
  •  - menurunkan tekanan darah tinggi
  •  - mengendalikan diabetes
  •  - berolahraga secara teratur.
  •  - terlibat dalam kegiatan yang merangsang pikiran
 - diet sehat.meskipun tidak ada diet khusus namun diet seimbang membantu mempertahankan kesehatan.

Artikel ini di donasi oleh : Eka yuliana

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon