Kisah sedih kena google sanbox

Kisah sedihku kena penalti google sanbox-Halo sobat.. Jumpa lagi kita kali ini saya mau bercerita tentang salah satu blog saya yg kena penalti google sanbox.
Perih rasanya sob tiba tiba tau blog kesayangan kita di remuk oleh sanbox.
Sebenarnya bukan kesalahan sang robot atau search engine tapi semua dikarenakan oleh spammers yang tak bertanggung jawab.

Kisahnya terjadi sekitar 2 tahun silam tapi baru kali ini saya berani tuk kisahkan. Bukan brarti tidak mau berbagi melainkan saya malu menerima kenyataan . percaya gak sob dulu blog yang saya maksud visitornya udah nyampe 200an ribu/ hari. Blog itu saya bangun sejaktahun 2005 silam. Blog ku itu sempat punya page rang 4. Perih hati sob melihat visitor tiap hari bukannya nambah malah makin merosot hingga ke titik 0 visitor perhari.

Kekecewaan ku ama blogku itu membuatku benci ama blog itu.. Dalam hati ah buat apa mau dirawat toh dia udah kena sanbox. Pikirku seperti itu.. Kubiarin saja dan tiap hari ku lirik tidak ada perubahan yg signifikan terjadi, dalam hati mungkin sanbox ini hanya sementara. Alhasil rasa mau menghapus blog itu pun terbersik tapi sesaat ada rasa sayang juga.

2 tahun pun berlalu..kulihat blog yang seusianya kini makin jaya. Blog yang dlunya miskin kini makin kaya. . dan blogku yang dlu ramai visitor kini tiada jaya.
Akhirnya ku kasihan juga.. Ku coba tuk senyum dan membuka akunku itu. Kutatap namanya sebelum ku klik, ku bisik dia " beritahu aku apa sakit yang kau alamai " akhirnya ku klik juga dan terbuka lah blogger serta akunku itu.

Ku bisik dia lagi..ku coba tuk buka template dan beritahu saya bagian mana yang sakit..ku telusuri ternyata tidak ada,. Semua baik2 saja. Ku coba buka google dengan menuliskan site:blogku.blogspot.com , pengen liat apa smua backlink masih normal atau bagaimana. Ternyata masih normal tapi snipetnya ilang.

Kuperiksa baik baik sedetail mungkin ada apa sebenarnya, kenapa kamu dibenci ama google..segala macam cara dah kulakukan mulai dari optimasi dan sebagainya.. Sampai pada akhirnya kubuka web master..disana cuma ada dua link yg error yaitu link fb ama twitter yang gak kuarahkan tapi saya yakin kalau bukan ini penyebabnya. Masih didalam web master klik perklik,cek perchek sampai nemu bahwa blog saya terlalu banyak mengalami link outbond. Kuperiksa jumlahnya ratusan sob...

Link outbond penyebabnya
Wah kalo gini mudah nih baikinya..saya tinggal hapus lalu fix. Thats all..kulakukan hal itu sambil menunggu seminggu. Seminggu pun berlalu kuperiksa gak ada perubahan justru makin meningkat seperti saya sudah melakukan ping sampai mancing link outbond itu lagi.

Rasanya tambah malas mau perhatikan blog ini... Dalam hatiku begitu. Tapi tiap kali ninggalin dia seakan ada bisikan..bos ku gak sanggup lagi dibebani seperti ini. Ku gak kuat lagi bos mengangkat kumpulan link ini..bantu aku !!

Akhirnya kucoba buka semua post yg pernah saya post..ada sekitar 500an post yang harus saya buka. Edit satu persatu struktur tag dan deskripsi serta menghapus beberapa postingan yang gak begitu laris dikunjungi. Smua post yang menyertakan sumber link saya hapus linknya sebab terlalu banyak link dalam artikel bisa menimbulkan lagi yang namanya outbond.

Ngerjainnya sekitar seminggu dalam project perbaikan artikel..dan selesai. Sekarang tiba saatnya feetch as google. Ku feetch sitemap,dan url halaman lansung di mode pilihan rayapi semua link yg ada. Setelah itu ku tungguin lagi seminggu biar proses web master full detect.

Seminggu pun berlalu ,check lagi link outbond itu..yang terjadi apa sob ?? Kaga ada perubahan.. Malah menjadi jadi sebab saya sudah merasa capek dan mau hapus saja blog ini..ku masuk ke setting trus kupilih other dan delete blog..mau hapus tidak hapus tidak..ahh hapus aja..jangan oi kasian !! Aduh ..mau bagaimana lagi ?? Kasihan juga di blog ini sudah banyak komentar teman teman saya. Kalo hapus blog ini sama aja aku kehilangan sobatku. Tapi ...tunggu dulu. Ada sesuatu !!

Komentar dengan link hidup bahaya
Wah wahh.. Ternyata ini penyebabnya !! Sebagai pendonor link saya tidak dihargai kalau begini. Setelah check..ternyata banyak komentar spammer yang menyertakan link link bisnisnya. Kesalahan saya juga sih tidak membatasi komentar untuk di moderatori.
Tanpa pikir2 lagi..gak mandang kawan atau bukan saya checklist smua komentar yang sudah diterbitkan dan saya hapus !! Saya hapus sampai ke akar2nya...
.rasa hati mulai tersenyum..itu dia penyebabnya. Gak ada lagi yang lain.


Verifikasi ulang di web master
Karna saya pikir, saya kan start dari awal lagi.. Daripada perbaiki mending saya duplikat meta data saja biar double proses di web master.
Mang bisa ?? Bisa sob..caranya
Verifikasi dengan blogspot.co.id dan yg satu blogspot.com
( rahasia kita yah )

Lalu..setelah verifikasi kutunggu 2 minggu..kubiarin dan tdk mau melirik blogku itu. Dua minggupin berlalu..apa yang terjadi sob ?? Visitor kembali berangsur2 datang walaupun masih dalam jumlah sedikit setidaknya tidak kena sanbox lagi..senang rasa hati..gak kecewa lagi. Kapan2 alamat blog ku itu saya share , biar normal dulu.

Nah demikian kisahku kena sanbox dan dengan segala daya mencoba lepas dari sanbox itu.
Sekian sob kisahku...salam bloggers !!

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon