Ikuti tips berikut sebelum membeli laptop bekas agar berkualitas

Tags

Laptop bekas atau second hand menjadi alternatif untuk memiliki sebuah laptop yang berkualitas dengan harga terjangkau .Banyak diantara kita masih kebingungan bagaimana cara memilih laptop bekas berkualitas. 
menurut saya untuk membeli laptop bekas yang sudah menjadi kebutuhan sampingan ini tidak hanya dilihat berdasarkan fisik ataupun bagian luarnya saja tapi juga harus tahu persis bagian dalemannya juga (dalemannya kantong disesuaikan gan :D ) selain itu laptop bekas juga wajib di lirik dari merk dan typenya sebab masing2 brand punya keunggulan masing2.

 Kita harus cerdas dalam hal ini . tidak hanya sekedar membeli,tidak hanya sekedar memilih maka dari itu artikel ini disuguhkan untuk kamu melalui tips membeli laptop bekas berkualitas .
Kategory laptop bekas itu relatif dan multi answerig. 

Laptop bekas sesuai dengan namanya adalah:
barang yang tidak baru lagi dan selalu dipertanyakan keadaannya. hal paling paling pokok dalam membeli laptops bekas adalah melihat kelengkapannya dulu seperti apakah cd drive,nota pembelian awal,charge masih ada ? kalau 3 itu masih ada berarti laptop itu lolos dari tuduhan laptop curian dan boleh lah untuk dibeli . sekarang .. mari masuk ketahap  pemeriksaan .

1- Periksa keaslian serial number

Masing masing laptop memiliki serial number yang berada dibagian bawah laptop . ada juga serial numbernya yang ditempatkan pada bagian belakang baterai . sesuaikan nomor serial itu dengan serial number yang ada di dus laptop itu.jika sama lanjut ke tahap pemeriksaan fisik luar.

2- Check baterai dan periksa charge

Jangan terpngaruh dengan isi daya baterai yang nampak di dekstop. terkadang itu menjadi sebuah trik penjual untuk memanipulasi mata. check kebenarannya ..Apalah artinya jika laptop bekas itu baterainya sudah soak alias tidak bagus lagi .

standar untuk ketahanan sebuah baterai laptop yang bekas bisa tahan hingga 2 jam saja itu sudah lebih dari pada cukup . cara mengecek baterai nya coba colok charge dan hubungkan socket ke laptop bekas tadi untuk mengecek apakah proses pengisian masih berjalan . 

jika sukses ,berarti laptop itu masih memiliki baterai yang berkualitas. cabut charge dan test kekuatan baterainya yaitu cukup dengan mengaktifkan beberapa aplikasi medium seperti pemutar video atau winamp kemudian aktifkan pencahayaan/ kontras laptop sedikit lebih terang jika baterai tahan hingga 10 menitan tanpa ada perubahan yang signifikan berarti baterainya masih tergolong bagus.

3- Periksa layar dan engsel 

Periksa engsel laptop dengan menutup dan membuka beberapa kali secara perlahan . hal ini untuk mengetahui apakah laptop itu pernah jatuh .

engsel laptop rentan rusak pada engsel jika pernah terjatuh . jika saat dibuka lalu ditutup ada suara gricikan atau seperti kandas pada body berarti laptop itu kemungkinan besar pernah jatuh .

Periksa juga layar pada laptop . periksa dengan menekan sudut body pada layar dengan perlahan biasanya laptop yang rusak akan mengalami perubahan warna dan pencahayaan akan tiba tiba gelap.

test bagian itu. kemudian coba menganti walpaper laptop itu dengan gambar hitam polos. hal ini untuk memeriksa dot pixel . kalau ternyata ada dot pixel berarti layar laptop itu sudah tidak akan bertahan lama.

4- Tes bagian dalam dengan dxdiag

Penjual laptop itu pasti akan memberi iming2 dengan jajakannya . pasti dia akan menawarkan dengan kalimat2 pemancing kepada calon pembeli seperti ram besar,procecor bagus, dan sebagainya .

pastikan dia berkata jujur dengan memeriksa kebenarannya .
Buka menu start kiri bawah dan ketikkan " DXDIAG " tanpa tanda kutip  tunggu sesaat akan terbuka informasi system pada dekstop.

tips membeli laptop bekas berkualitas
Hal penting pada system laptop itu akan dimunculkan ke asliannya melalui dxdiag .dan  tertera pada gambar kamu bisa melihat mulai dari Ram,procecor serta driver lainnya . kemudian klik kanan pada menu komputer - properties untuk melihat seberapa besar hardisk yang dimiliki .

Hanya dengan bermodalkan pengetahuan sngkat seperti diatas maka untuk mendapatkan pengalaman membeli laptop bekas sudah tidak susah lagi. saya harap tips kali ini bisa membantu kamu dalam cara memilih serta tips membeli laptop bekas yang berkualitas.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon