Cari Informasinya Nikmati Hasilnya

Kini UKM Terpencil Sudah Siap Go Online

Dunia modern memang telah merambahi hampi seluruh wilayah di dunia. Dampak dari kemodernan ini terlihat pula dari cara orang mencari informasi sampai berbisnis. Di Indonesia sendiri, bisnis yang semula offline banyak bermigrasi ke online supaya dapat menjangkau pasar lebih luas. Kebanyakan para pebisnis ini datang dari daerah kota atau wilayah yang berdekatan dengan pulau Jawa sebagai pusat pengembangan dan pembangunan. Tidak meratanya pembangunan di wilayah Indonesia terus diusahan penyelesaiannya oleh pemerintah pusat. Berbagai badan resmi milik negara terus berusaha menghadirkan tekhnologi-tekhnologi pembantu yang dapat meringankan pekerjaan masyarakat di luar Jawa. Sehingga bisnis tidak melulu memutar uang di daratan Jawa.

Kini UKM Terpencil Sudah Siap Go Online


Sudah banyak pembuktian orang biasa di kehidupan nyata yang kemudian berhasil mengubah nasib akibat menggeluti bisnis online. Di sana sendiri ada berbagai macam bentuk bisnis yang dapat dipilih untuk ditekuni. Misalkan dropshipper, affiliater, reseller, blogger, usher video, internet marketer dan berbagai pekerjaan freelance yang mengakomodir kegiatan jual beli jasa atau produk digital. Semua itu ada karena hadirnya fasilitas berupa sarana prasarana tekhnologi.

Rupanya kebutuhan akan tekhnologi sebagai sarana pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah)  yang digadang-gadang menjadi tulang punggung perekonomian negara kita segera diakomodir pemerintah. Lewat PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom, pemerintah memberikan layanan baru berupa akses internet. Selama ini pebisnis UKM hadir dari wilayah-wilayah yang memang telah lancar akses internenya, sehingga mereka tinggal menyusun strategi marketing saja. Padahal jauh di daerah terpencil, ada banyak potensi terlupakan. Para penduduk di sini juga membutuhkan internet sebagai pembuka saluran komunikasi dengan seluruh dunia agar dapat belajar mengembangkan daerahnya sendiri.

Baca Juga Cara Tepat Berjualan Di Whatsapp

Telkom meluncurkan jaringan akses internet berdasar satelit very small apperture terminal (VSAT). Layanan yang tidak menggunakan kabel optik sebagai penghantarnya ini dinamakan Mango Star. Layanan ini sengaja dibuat bagi para pelaku bisnis UKM agar dapat belajar mengembangkan bisnisnya meski hanya dari rumah. Telkom sudah melakukan kustomisasi hingga seluruh fitur di dalam Mango Star dapat menguntungkan pebisnis UKM di daerah terpencil. Meskipun kecepatan uploadnya hanya 0,5 Mbps dan download 2 Mbps saja, setidaknya sudah ada kemajuan di dunia bisnis tanah air. Kecepatan tersebut sudah standar bagi kebutuhan UKM seperti transaksi, order, dan upload dokumen bisnis saja.

Uniknya, keseriusan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan bisnis UKM di seluruh Indonesia sudah terbukti. Mango Star mengakomodasi usernya yang ingin membuat e-commerce dengan platform baru. Tentunya mereka membutuhkan mentor untuk mewujudkan platform tersebut. Semua layanan di Mango Star bebas biaya serta dilengkapi berbagai fitur pendukung. Layanan ini memberikan berbagai keanggotaan gratis untuk mendaftar di platform bisnis online terkemuka seperti smartbisnis.co.id, jarvis.store.com dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana dengan pulsa internetnya ?. Mango Star telah bekerjasama dengan Blanja.com untuk menyediakan kuota internet bagi para pengguna layanan Telkom tersebut. User hanya tinggal membeli lewat fitur yang sudah disediakan di Mango Star. Diharapkan ke depannya layanan ini dapat meningkatkan jumlah pebisnis UKM dari daerah terpencil hingga ribuan jaringan bisnis.
Daerah prioritas pembangunannya adalah wilayah luar Jawa. Mentawai dan Jambi menjadi daerah pertama yang disasar oleh Mango Star. Bila Anda sendiri ingin mengembangkan jaringan bisnis ke wilayah terpencil, tinggal hubungi saja Telkom terdekat. Mengenai berapa biaya instalasi awalnya, tentu saja bisa ditawar bila memang dilakukan demi kepentingan bisnis UKM nasional.

Next : Contoh bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga
0 Komentar untuk "Kini UKM Terpencil Sudah Siap Go Online"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .


Back To Top