Teknik Dasar Untuk Optimasi SEO Bagi Pemula

Tags

Teknik Dasar Untuk Optimasi SEO Bagi Pemula
Ketika memasuki dunia blogging, kemungkinan besar blogger telah mengetahui apa itu SEO (Search Engin Optimization). Yaitu sebuah tekhnik yang terdiri dari berbagai cara agar sebuah blog atau website dapat menduduki peringkat atas pada mesin pencarian google. Kebanyakan blogger pemula masuk ke dunia blogging hanya sekedar pernah mendengar kata ini saja. Mereka belum memahami cara bermainnya bukan karena tidak berminat, melainkan belum punya mentor yang mengajari mereka mengoptimasikan SEO pada blognya, baik SEO On Page maupun SEO Off Page. Tetapi seharusnya ketidak adaan mentor bukan berarti menyurutkan niat kita bermain SEO, apalagi sampai berhenti ngeblog. Ada banyak jalan yang tersedia untuk mempelajari SEO sejak awal. Salah satu caranya adalah melalui panduan-panduang di internet.

Mulailah permainan SEO anda dengan Low Hanging Fruits SEO. Dalam bahasa Indonesia, low hanging fruits artinya buah yang tergantung paling rendah. Namun bukan berarti kita akan belajar memasak karena kalimatnya mengandung kata buah. SEO bukanlah pekerjaan sepele bagi para pemula. Karenanya kita harus memulai dari tingkatan paling rendah atau termudah. Berikut adalah cara optimasi SEO bagi para pemain SEO pemula.

1.Title Tag

Letak tag judul ada di header paling atas. Kalau anda merasa bingung memahami kode-kode SEO, perhatikan saja dulu unsur-unsur yang harus dimasukkan. Sebisa mungkin terapkan pada setiap konten yang anda buat. Poin pertama adalah panjang judul harus berkisar antara 50-60 karakter. Pemakaian judul yang terlalu panjang dapat terpotong di search engine. Begitu juga jika terlalu pendek akan melemahkannya. Agar lebih akurat, cek saja tite tag anda dengan tool dari Moz.
Sisipkan juga long tail keyword ke dalam judul artikel. Tetapi anda juga perlu waspada terhadap penggunaan keyword ini pada konten artikel supaya jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan google menganggap sebagai spam. Sebisa mungkin letakkan keyword di bagian awal judul agar lebih optimal. Di samping itu, atur juga permalink URL pada judul agar langsung tepat sasaran.

2.Tag Header 1

Membuat H1 tidak boleh dilakukan sembarangan. Penggunaan H1 yang terlalu panjang dan terlalu singkat dapat mempengaruhi SEO konten artikel anda. Anda dapat melakukan analisis kepastian H1 telah ideal atau belum menggunakan ScreamFrog. Alat tersebut akan memeriksa H1 per halaman dengan sangat rinci. Sehingga anda dapat terhindar dari kesalahan menganalisis H1. Header 2, 3 dan seterusnya dapat juga dicek lewat situs www.chkme.com.

3.Jumlah Konten

Inilah cara SEO pemula yang tidak terlalu memakan pikiran karena tidak bermain kode. Kita dapat memperkaya konten artikel dengan konsisten menulis setiap hari. Memang membutuhkan waktu panjang agar web atau blog anda memiliki konten berkualitas dengan jumlah banyak. Namun, inilah yang akan membuat SEO memprioritaskan anda dibandingkan web lain yang kontennya masih sedikit.
Selebihnya, cara mengoptimasi SEO akan dibahas lebih lanjut jika anda telah mengoptimalkan ketiga cara mudah ini. Selamat melakukan perbaikan untuk selangkah lebih maju ke depan.

Kesimpulan

Ke tiga Modal Dasar Untuk Optimasi SEO Bagi Pemula yang dijelaskan diatas memang kelihatan simple dan tidak masuk diakal , tapi percayalah bahwa pakar SEO siapa pun juga pasti akan setuju jika saya mengatakan yang diatas tersebut adalah titik paling inti dari optimasi SEO yang sebenarnya . silahkan anda coba dan mulai terapkan .

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon