Lakukan Ini Ketika Anda Mau Menjual Ponsel

Anda memutuskan untuk menjual ponsel anda karena lagi butuh uang ? jangan terburu-buru . ada hal penting yang harus anda lakukan terlebih dulu ketika anda memutuskan untuk menjual ponsel anda dan ini sangat perlu anda ketahui demi menjaga privasi anda . apa saja yang perlu anda lakukan ketika anda mau menjual sebuah ponsel ??  . ada banyak pengguna ponsel dimana ketika menjual ponsel yang mereka miliki hanya sekedar memberi dan menerima uang . mereka tidak pernah berpikir bahwa dijaman canggih saat ini sebuah dokumen atau data pribadi bisa menjadi saluran bahan jahil bagi orang yang jahat . Saat ini anda sadar dan yakin bahwa apa yang saya katakan itu benar kemudian anda bertanya  Data apa saja yang wajib dihapus sebelum menjual Ponsel ke orang lain ?, itu sebuah pertanyaan penting dan harus anda ketahui apa jawabannya. sebab semua menyangkut kemanan privasi anda dari orang jahil .

Melakukan penhapusan data pada ponsel yang akan dijual adalah tindakan sah sah saja. para pembeli juga akan mengerti bahwa hal tersebut untuk menjaga privacy sipemilik handphone, jadi tidak ada aturan yang mengharuskan anda untuk tidak boleh menghapus data pribadi anda , misalnya foto ataupun video . namun untuk sebuah data hiburan , lagu lagu misalnya , file itu tidak apa apa anda ikutkan untuk pembeli . sebab akan menambah nilai harga ketika pembeli handphone dapat lansung menikmati hiburan pada ponsel tersebut . 

Ada banyak kasus yang beredar di media sosial dimana data pribadi seseorang seperti foto beredar luas . kadang sebuah foto dijadikan foto identitas bagi sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, kadang pula foto tersebut di edit dengan bertingkah mesum , bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika orang jahil mau melakukan itu , ditambah alat editing jaman sekarang banyak beredar secara gratis dan mudah digunakan  . walaupun pihak keamanan dapat tahu mana data yang asli dan palsu kita sebagai pemilik data tetap saja harus mewanti2 terjadinya hal tersebut .



hapus data ketika menjual ponsel

Apa yang seharusnya anda lakukan sebelum menjual ponsel anda ke orang lain agar data data anda bisa aman dari orang jahil ??


Kali ini saya akan bagikan sedikit tips singkat , sederhana namun padat yang anda bisa coba ketika anda memutuskan untuk menjual ponsel anda. ada beberapa kiat kiat khusus yang anda harus lakukan agar kiranya data anda aman dari orang yang tidak bertanggung jawab . dan berikut tips singkat tersebut .

1- Hapus kontak telefon

Hal yang paling pertama yang harus anda lakukan adalah menyalin kontak dari memori telefon ke kartu sim lalu menghapus data kontak pada memory telfon anda . pastikan anda menghapus secara keseluruhan data kontak teman anda. untuk dapat mendapatkannya kembali ketika anda sudah memiliki sebuah ponsel baru anda boleh mengambil datanya pada simcard yang anda salin tadi .

2-  Hapus file gambar , video

Selanjutnya menghapus data data gambar dan video yang menyangkut pribadi anda . sebelum melakukan penghapusan anda dapat melakukan backup seperti menyalin dari memory telefon ke SD card atau menyalin semua data anda ke komputer milik anda ( jika ada ) lalu kemudian melakukan penghapusa secara keseluruhan . pastikan anda menghapus mulai dari yang berukuran besar hingga yang terkecil . untuk menghindari terjadinya recovery , yakni pengembalian data yang sudah terhapus, sebaiknya anda tidak mengikutkan SD card anda , sebaiknya menjual ponselnya saja .

3- Lakukan Logout Pada Semua Akun Sosial Media

Hapus kemudian lakukan logout pada akun google yang terkait dengan ponsel yang anda mau jual . Mengapa saya mengatakan demikian ?, sebab sebuah ponsel yang terkait dengan akun google akan mewakili semua produk online yang ada pada ponsel tersebut . seperti email misalnya . email sangat rentan dan harus anda hapus dan lakukan logut, dengan demikian para orang jahil ini tidak akan dapat lagi melihat histori kegiatan anda selama anda menggunaka ponsel itu . demikian juga akun media sosial lainnya seperti facebook ?? sebaiknya anda  logout dan hapus semua chace sertaa cookies yang ada pada ponsel tersebut .

4- Format Memory Card Menggunakan Multy Format

Ketika anda memutuskan untuk mengikutkan kartu memory yang tersemat pada ponsel tersebut sebaiknya terlebih dulu melakukan format pada sd card menggunakan multi format, caranya memformat menggunakan program komputer kemudian memformat lagi menggunakan ponsel itu sendiri . hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya recovery data . namun sayangnya, aplikasi merecovery saat ini kian canggih , jadi saran saya, tidak usah ikutkan sd card ketika anda mau menjual ponsel anda. 

Nah, itulah beberapa hal penting yang sebaiknya anda lakuka sebelum menjual ponsel anda. hal ini perlu anda pertimbangkan mengingat kemanan data  pribadi anda . semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share ke teman anda juga informasi penting ini .

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .
EmoticonEmoticon