Cari Informasinya Nikmati Hasilnya

Fitur di Wordpress Yang Bikin Asik Ngeblog

Platform blog yang paling terkenal di dunia ada dua, yakni blogger dan wordpress. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dalam menyajikan artikel blog menarik. Keduanya juga sama-sama menyediakan fitur cara posting di blog lewat hp. Namun bagaimanapun cara memposting artikel di blog yang Anda pakai, ada langkah-langkah menulis artikel di blog yang harus dipatuhi. Hal ini bertujuan supaya artikel kita nanti cepat terindeks dan tidak ditinggalkan pengunjung. Bukankah Anda akan senang sekali bila tulisan yang sudah dibuat memiliki banyak penggemar setia bahkan ada yang sampai menunggu postingan selanjutnya ? Tekhnik menulisnya tidak jauh beda antara blogger dengan wordpress. Namun ada hal-hal khusus yang harus dipenuhi para pemakai wordpress supaya postingannya maksimal.

Ngeblog Asyik Bersama wordpres
Tentu saja langkah pertamanya yaitu masuk ke akun wordpress dan klik add new post seperti biasanya. Cara menulis artikel dan contohnya memang berbeda. Anda akan dipertemukan dengan beberapa kotak kosong dalam sebuah page. Nah, kotak paling atas diisikan judul dari artikel yang Anda buat. Masukkan kata kunci yang Anda bidik di antara kata-kata judulnya yang terdiri dari 40 sampai 70 karakter.

Yang kedua, di bawahnya ada kotak kecil bernama Permalink. Itu tempat Anda bisa mengatur URL link artikel. Menulis blog dibayar memang memerlukan strategi. Termasuk pengaturan permalink ini. Masukkan beberapa kata yang mencerminkan konten artikel. Boleh juga diisi dengan kata kunci asal masih relevan.

Contoh artikel di blog yang baik juga tidak melulu terdiri dari teks saja. Add media dapat membantu Anda menambahkan gambar atau video ke dalam konten. Sementara visual dan text editor memperlihatkan isi dari artikel yang Anda buat. Di wordpress ini Anda juga langsung bisa mengetahui berapa banyak jumlah kata dalam satu artikel siap posting. Bila ada status autosave itu menunjukkan jam terakhir postingan draft itu tersimpan.

Bagi para blogger pemula di wordpress, mungkin masih bingung dengan editor visual dan teks. Editor visual lebih friendly dengan para blogger pemula. Sementara yang teks memuat tampilan beserta bahasa HTML yang perlu dipelajari dulu.

Jika artikel yang Anda posting tersebut merupakan artikel andalan, langsung saja jadikan dia selalu tayang pertama. Caranya dengan menekan opsi sticky post yang terletak di sebelah visibility dalam link edit. Di visibility itu juga sangat mendukung Anda melakukan proteksi terhadap artikel menggunakan kata sandi.

Bisa juga diprivate. Perlu diketahui, ketika fitur private ini aktif maka hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membaca postingan Anda. Kerennya lagi, wordpress bisa juga melakukan posting sesuai waktu yang kita inginkan lewat fitur link edit yang letaknya bersampingan dengan publish.

Jangan lupa mengisi kotak tag dan kategori supaya para calon pembaca Anda lebih mudah menemui artikel tersebut. Selain itu, tag dan kategori juga menyumbangkan nilai untuk SEO. Oke, sekarang kita beralih ke screen option. Ada pengaturan default untuk artikel Anda. Fitur-fitur di sini cukup menarik.

Misalkan saja excerpts akan membantu menambahkan kutipan di artikel yang akan dipakai sebagai ringkasan. Ringkasan ini tampil di halaman blog serta arsip. Ada juga send trackbacks yang akan mengabari teman blogger Anda yang sudah menghubungkan diri dengan blog Anda.

Fitur ini sangat berguna bila teman Anda tidak menggunakan wordpress sebagai platform blognya. Namun jangan sampai menyalahgunakan fitur yang ini sebagai spam.

Masih di screen option. Ada fitur yang bernama custom field yang bisa menambahkan metadata ke tema wordpress. Discussion dipakai untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar di postingan.
 
Jadi bila suatu saat artikel Anda ramai pengunjung lalu menyedot banyak komentar, biasanya akan ada banyak spam jualan dan berbagai macam promosi.

Nah, non aktifkan saja komentarnya lewat fitur tersebut. Jadi itulah fitur-fitur dasar ngeblog memakai platform wordpress. Anda bisa mempertimbangkan lagi apakah kira-kira akan membantu Anda atau tidak terlalu berpengaruh.

Tag : TIPS, trik blog
0 Komentar untuk "Fitur di Wordpress Yang Bikin Asik Ngeblog"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .


Back To Top