Cari Informasinya Nikmati Hasilnya

Cara Melakukan Flash Firmware Atau Menginstall Ulang Sistem Operasi Handphone

Cara Melakukan Flash Firmware Atau Menginstall Ulang Sistem Operasi Handphone- Ada banyak sekali cara untuk memperbaiki ponsel yang mati sendiri yang diakibatkan oleh troubleshot pada operasi system bahkan pada hardware ponsel itu sendiri. Kerusakan seperti ini bootlop bahkan ciri-ciri lain seperti samung yang hanya muncul logo samsung saja. Hampir serupa bahwa itu kerusakan dimana sebuah handphone harus di flash ulang tapi sebenarnya jika permasalahannya hanya menampilkan logo saja anda masih bisa melakukan perbaikan tanpa membawa ke tukang service, anda bisa melakukan perbaikan sendiri bahkan memperbaiki handphone tanpa menggunakan komputer. Yaitu menggunakan kode rahasia.
Cara Melakukan Flash Firmware Atau Menginstall Ulang Sistem Operasi Handphone

Namun kali ini kita tidak membahas cara memperbaiki hp samsung,oppo,lenovo,azus tanpa menggunakan perangkat komputer jika permasalaannya hanya menampilkan logo saja.

Tapi kali ini saya mau berbagi cara melakukan flashing firmware atau kata lain menginstal ulang system operasi handphone dengan mudah dan anda bisa lakukan sendiri tanpa membawa ketukang service.

Ciri-ciri perbaikan seperti ini dilakukan jika anda mengalami kesalahan system pada ponsel anda jika kejadiannya hp mentok di logo tapi tidak bisa di atasi dengan kode restart ponsel. jadi jalan satu-satunya anda harus menggunakan cara flashing atau memeprbarui system operasi pada ponsel anda.

Cara Melakukan Flash Firmware


Cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk recovery hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Flash ulang system operasinya dan cara tersebut bisa anda lakukan seperti berikut :

1) Unduh MediaTek USB VCOM (Android) Driver

Anda harus mengunduh MediaTek USB VCOM (Android) Driver terlebih dahulu agar perangkat android anda dikenal oleh komputer anda. Unduh ROM yang cocok dengan ponsel android anda. Kemudian anda harus mengunduh aplikasi yang bernama SP_Flashtool. Aplikasi ini berguna untuk membuka direktori yang ada di ponsel android anda lewat komputer.

2) Extract Dan Pasang Driver

Setelah semuanya terunduh, ekstrak dan pasang drivernya terlebih dahulu di komputer anda. Kemudian ekstrak SP_Flashtools di salah satu drive anda dan buka Flash_Tool.exe. Pada tampilan Flash Tool, klik Scatter_Loading dan arahkan pencarian untuk mencari file scatter_emmc.txt yang ada di folder ROM android.

3 ) DA DL ALL With Checksum

Centang kotak yang ada di sebelah tulisan DA DL ALL With Checksum dan klik download. Hal ini akan membuat proses download berjalan yang ditunjukkan dengan download bar berwarna ungu. Setelah unduhan selesai, matikan ponsel anda dan hubungkan dengan komputer menggunakan USB. Download bar akan berubah dari ungu menjadi kuning yang berarti proses install ulang sedang berlangsung.

4 ) Selesai

Tunggu hingga muncul lingkaran hijau di Flashtool. Setelah selesai kemudian hidupkan kembali ponsel anda. Jika proses booting agak lama, itu adalah normal. Tunggu sebentar hingga proses booting selesai.
Tag : ANDROID
0 Komentar untuk "Cara Melakukan Flash Firmware Atau Menginstall Ulang Sistem Operasi Handphone"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .


Back To Top