Cari Informasinya Nikmati Hasilnya

Menyelesaikan Unfortunately, System UI has Stopped

Hampir sama seperti pesan ‘sayangnya, aplikasi telah berhenti’ tadi, permasalahan yang ini serupa tapi tak sama. Pada saat asyik bermain android tiba-tiba ada pesan ‘unfortunately, system UI has stopped.’ Berarti ada masalah dengan sistem operasinya kan? Anda harus ingat dulu bahwa android memakai windows atau sistem lain yang merupakan sistem operasi terbuka. Anda diberi ijin melakukan modifikasi pada sistem agar apa yang Anda inginkan terpenuhi. Misalkan tampilannya lebih unik atau peformanya meningkat. Melakukan personalisasi pada sistem UI berarti mengatur semua hal yang berkaitan dengan tampilan sistem user interface atau biasa disebut tatap muka. Apabila Anda sudah melakukan personalisasi sistem UI, tema, menu dan status bar akan bebas Anda utak-atik sendiri.
Menyelesaikan Unfortunately, System UI has Stopped

Berani berbuat juga harus berani bertanggungjawab. Setiap modifikasi mempunyai resiko masing-masing. Salah satunya adalah force close. Peringatan ini muncul akibat adanya error pada saat Anda mengoprek sistem UI yang merupakan bagian dari sistem di android. Berhentinya sistem UI membuat kita tidak akan bisa melakukan akses ke tema di android, bahkan menu dan berandanya saja. Lantas kalau sudah terlanjur dikirimi pop up peringatan seperti tadi apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki?

1.Factory Reset

Lagi-lagi factory reset menjadi jalan keluar ampuh bagi permasalahan apapun pada android. Mengembalikan pengaturan HP ke pengaturan pabrik akan menghilangkan semua data Anda di dalam android. Sebelumnya, Anda harus sadar bahwa factory reset merupakan jalan utama menghilangkan kemunculan pesan sistem UI berhenti. Restart tidak bisa menyelesaikan karena restart tidak bisa mengembalikan sistem UI yang sudah berubah ke kondisi awal.

Masuk ke pengaturan. Ada kemungkinan Anda tidak bisa masuk ke pengaturan akibat kemunculan pesan sistem UI telah berhenti. Jika memang begitu ceritanya maka Anda masuk saja lewat status bar yang umumnya punya ikon setting dari HP. Cari sub menu buat cadangan dan setel ulang. Anda bisa membuat cadangan di sana, tapi sekarang kita harus mereset HP , jadi Anda harus memilih opsi ‘kembalikan ke settingan pabrik.’ Apabila ada perintah ikuti saja sampai Anda menghapus semuanya dan proses penghapusan file di memori internal selesai. Nanti android akan reboot sendiri. Biasanya sudah tidak akan ada lagi pesan sayangnya sistem UI telah berhenti.

2.Rootex

Anda tidak bisa menggunakan cara kedua ini kecuali bila sebelum mengoprek sistem UI sudah membackupnya terlebih dahulu. Pada prinsipnya kita hanya ingin mengganti sistem UI yang error tadi dengan yang masih asli dan bisa bekerja normal. Sistem UI hasil download atau hasil back up sama-sama bisa dipasang lagi menggunakan aplikasi Rootex alias Root Explorer. Masuklah ke system ? app ? ubah r/o jadi r/w ? kembali ke sistem UI hasil back up atau download ?Hilangkan tanda centang di write kecuali write teratas ? copy file itu ke sistem UI lama yang error ? ubah r/w ke r/o ? restart. Cukup panjang kan? Tapi ini tidak akan menghilangkan semua file di memori internal Anda.

3.Flashing

Flashing memang menjadi momok mengerikan bagi pengguna android. Seakan setiap kasus yang berhadapan dengan flashing merupakan kasus berat. Melakukan flashing tidak boleh coba-coba daripada terjadi kegagalan lagi dan kasusnya malah semakin berat. Lebih sekarang Anda berikan smartphone ke service center dan bilang ingin melakukan flashing karena munculnya pesan ‘sayangnya sistem UI telah berhenti,’
Semoga berhasil mengatasi masalah dari 3 cara di atas.
Tag : ANDROID
0 Komentar untuk "Menyelesaikan Unfortunately, System UI has Stopped"

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi yang dikandung dari artikel ini . untuk menyisipkan link aktif atau backlink bisa menghubugi saya via form contact diatas .


Back To Top